Cara Blokir ATM Kartu Mandiri karena Hilang dengan Mudah

ATM Mandiri Anda hilang? Tidak perlu khawatir karena ada cara blokir atm mandiri sederhana yang bisa digunakan untuk mengamankan saldo dalam kartu ATM Anda. Hilangnya kartu ATM biasanya disebabkan oleh kelalaian pemilik dalam menyimpannya. Selain itu, ada pula kasus dimana ATM tertelan mesin ATM. Penyebab kartu ATM tertelan diantaranya adalah memasukkan PIN yang salah lebih dari tiga kali, sensor hitam kartu yang pudar atau kotor dan lain sebagainya.

Wajib Tahu, Inilah Cara Blokir ATM Mandiri yang Hilang dengan Cepat

Bahaya yang paling ditakuti saat ATM hilang adalah jika kartu tersebut dicopet dan digunakan oleh orang jahat. Apalagi jika uang yang ada di dalam kartu ATM tersebut besar, tentu saja kehilangan ATM menjadi hal yang sangat memahayakan. Oleh karena itu, kali ini akan diulas bagaimana cara blokir atm mandiri dan langkah-langkah seperti apa yang harus dilakukan.

1 ) Hubungi CS atau Customer Service

Jika Anda sudah merasa tenang, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menghubungi pihak Customer service Mandiri. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui nomor Customer Service Mandiri, bisa melihatnya langsung dari buku tabungan rekening, badan mesin ATM Mandiri, atau melalui situs resmi Bank Mandiri. Untuk lebih amannya, Anda lihat nomor customer service dari buku tabungan Mandiri.

Pasalnya sekarang ini ada banyak kasus penipuan yang memasang nomor palsu bertopeng “customer service” pada mesin ATM. Modus si penipu adalah Anda yang kehilangan kartu ATM akan menghubungi nomor “customer service palsu” dan meminta Anda untuk memberikan nomor rekening dan juga nomor PIN. Dengan begitu, si penipu akan menguras semua saldo yang tersisa dalam rekening Anda. Jadi, kalaupun Anda hendak menggunakan nomor customer service yang ada di badan ATM, pastikan untuk menghubungi nomor Customer Sevice Mandiri yang benar-benar ada dalam badan mesin ATM. Bukan kertas dengan nomor atau stiker yang ditempelkan pada mesin ATM. Sekedar informasi, Call Mandiri adalah 14000.

2 ) Blokir

Setelah tersambung dengan customer service, cara blokir atm mandiri yang selanjutnya Anda lakukan adalah memberikan nomor rekening beserta dengan nama lengkap yang tertera dalam nomor rekening tersebut. Setelah memberikan data rekening yang hilang, secara otomatis pihak customer service akan segera memblokir kartu ATM Anda agar tidak bisa digunakan oleh orang lain.

3 ) Aktifkan kembali

Selain mengetahui cara blokir atm mandiri, Anda juga harus tahu bagaimana cara mengaktifkan karu ATM lagi. Apalagi jika ternyata kartu ATM Anda sudah berhasil ditemukan tapi terlanjur memblokir. Cara untuk mengaktifkan kartu ATM adalah dengan mendatangi kantor cabang Bank Mandiri terdekat lalu melakukan prosedur yang diarahkan oleh pihak customer service. Pada dasarnya, langkah pemblokiran dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan hal-hal buruk terjadi apabila kartu ATM ada pada pihak yang ingin mengambil keuntungan dan tidak bertanggung jawab. Jadi, bukan tidak mungkin jika saldo Anda akan habis nantinya jika tidak diblokir dengan segera.

4 ) Buat kartu ATM baru

Jika ternyata kartu ATM Mandiri Anda benar-benar hilang, mintalah surat kehilangan di Kepolisian terdekat. Lalu, bawa surat kehilangan, KTP dan juga buku tabungan Anda ke Bank Mandiri terdekat untuk pembuatan kartu ATM baru. Karena kartu ATM Anda yang lama sudah hilang dan dinonaktifkan. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan kartu ATM Mandiri seperti sebelumnya.

Sekian ulasan mengenai cara blokir atm mandiri yang hilang atau tertelan. Semoga bermanfaat untuk Anda yang kehilangan kartu ATM Mandiri.