CARA MENCURI PERHATIAN INVESTOR DAN TIPS MEMBANGUN START-UP

Cara mencuri perhatian investor – membangun serta mengembangkan start-up memang dibutuhkan sebuah proses yang panjang, mulai dari perencanaan yang matang sampai ke masalah pendanaan. Belum lagi jumlah kompetitor semakin banyak tentunya membuat masalah semakin sulit, namun anda tidak boleh menyerah begitu saja banyak start-up muda seperti Rob Hull yang kesulitan dalam hal pendanaan namun kini harga bisnisnya senilai 13 triliun. Dan berikut ini adalah tips menarik perhatian investor agar mau menanamkan modal di bisnis anda.

CARA MENCURI PERHATIAN INVESTOR

Cara mencuri perhatian investor 3

1 ) Buat Model bisnis anda

Tips yang pertama ini adalah sebagai tolak ukur bagi investor untuk menanamkan modal ke dalam rintisan bisnis anda. Mereka para investor adalah sekelompok orang yang juga ingin menikmati keuntungan dari bisnis anda, maka dari itu buatlah role model tentang bisnis anda secara mendetail, dan usahakan juga keuntungan yang mereka dapatkan apabila mendanai bisnis anda tersebut.

Cara ini lebih baik ketimbang anda hanya menyampaikan ide, tanpa menjelaskan benefit apa yang akan didapatkan. Buatlah illustrasi bisnis semenarik dan semudah mungkin untuk dipahami, dengan begitu investor akan jauh lebih paham tentang visi dan misi bisnis anda.

2 ) Pahami apa yang anda butuhkan

Untuk mendapatkan investor yang tepat, pertama-tama anda harus memahami dulu apa yang anda butuhkan. Apakah anda membutuhkan seorang investor yang mampu menanamkan banyak modal? Atau anda membutuhkan investor yang dapat memberikan anda relasi bisnis? . dengan mengerti apa yang dibutuhkan maka anda akan menemukan penggalang dana yang tepat.

3 ) Perlihatkan Cash Flow perusahaan

Kebanyakan investor hanya ingin mendanai perusahaan yang sudah berjalan dan memilki keuangan yang sehat, tidak yang benar-benar masih awal dan masih merangkak. Maka dari itu jika anda sudah memilki modal dan mampu menjalankan usaha dengan mandiri, sebaiknya perlihatkan perkembangan bisnis anda, buat mereka percaya dengan keuangan bisnis anda yang sehat. Dengan begitu investor akan lebih mudah melihat masa depan mereka di bisnis anda.

4 ) Lakukan Riset tentang investor startup

Ada pribahasa yang mengatakan tak kenal maka tak sayang, pribahasa ini juga berlaku dalam dunia bisnis dan usaha merintis. Kenali calon investor anda, dan sering-sering melakukan analisa tentang calon investor apakah dia cocok mendanai bisnis rintisan anda ini. Banyak cara untuk mengetahui latar belakan investor salah satunya adalah dengan mengikuti seminar dan sosial networking. Disana anda bisa melihat latar belakang mereka bahkan jika beruntung anda dapat berinteraksi langsung.

5 ) Rancang strategi dan visi misi

Cara mencuri perhatian investor yang terakhir adalah dengan menyusun strategi atau rancangan bisnis anda untuk ke depatnya, sertakan juga visi dan misi yang membuat mereka interest untuk menaruh saham di bisnis anda. Dan jangan lupa untuk membuat target, mulai dari target tahap awal sampai seterusnya, buat semenarik mungkin. Setelah membuat rancangan bisnis langkah selanjutnya adalah mempresentasikan pada sang investor, disini skill membangun komunikasi anda di uji. Siapkan mental anda untuk menyampaikan rancangan start-up yang telah dibuat agar para investor yakin dengan anda.

Demikian adalah tips dan Cara mencuri perhatian investor yang bisa anda praktekan sendiri, membangun sebuah usaha rintisan tidaklah semudah membalikan telapak tangan, pasti ada halang rintang yang harus dilalui, salah satu kunci sukses untuk melalui itu semua adalah dengan kesabaran dan keyakinan, sabar dengan segala yang dihadapi kemudian kembali bangkit untuk mencoba lagi dan yakin bahwa anda dapat mencapai goal anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.