Cara Mengatasi Bug Media Server Xiaomi

Smartphone merek apa yang Anda dan teman-teman Anda miliki saat ini. jika Anda memiliki Xiaomi, maka informasi berikut akan sangat berguna bagi Anda. Jika tidak, Anda dapat memberitahukan orang terdekat Anda mengenai cara mengatasi bug media server, terutama untuk kasus smartphone Xiaomi. Vendor dari negeri Tiongkok ini sudah mengejutkan dunia sejak beberapa tahun yang lalu. Pasalnya, dulu ponsel keluaran negeri tersebut dinilai terlalu murah dan memiliki kualitas yang tidak sebagus promosinya. Namun, adanya Xiaomi mengubah pandangan tersebut. Kualitas yang mumpuni dan kehebatan lainnya membuat ponsel ini memiliki banyak penggemar bahkan di Indonesia.

Cara Mengatasi Bug Media Server Beserta Langkah-Langkahnya

Memiliki kehebatan di beberapa fitur bukan berarti smartphone ini sempurna. Bahkan setiap vendor pasti memiliki masalah klasiknya tersendiri, yang anehnya berbeda-beda namun tetap menjadi kelemahan masing-masing seri yang dikeluarkan.

Sama seperti smartphone lainnya, Xiaomi juga memiliki kelemahan tersendiri. Salah satunya adalah adanya bug media server yang membuat baterai cepat panas. Karena panas baterai meningkat dengan cepat, maka pemborosan juga meningkat. Maka dari itu, perlu cara mengatasi bug media server untuk menyelamatkan  baterai dan smartphone Anda.

Sebelum memberi treatment pada masalah ini, Anda harus tahu apakah ponsel Xiaomi Anda terkena bug media server atau tidak. Caranya adalah dengan membuka menu setting, lalu tap pilihan Battery. Bacalah baik-baik pembagian penggunaan baterai ketika ponsel digunakan, jika untuk media server jatah pemakaian bateri tercatat 50% atau lebih, maka ponsel Anda terkena bug. Jika sudah terkena bug, akan lebih baik Anda mengetahui beberapa cara mengatasi bug media server di bawah ini.

Cara 1:

  1. Penyebab bug biasanya karena adanya media dengan format .mkv. Jadi, cara mengatasi bug media server yang pertama adalah, pindahkan terlebih dulu media dengan format tersebut ke PC atau komputer.
  2. Ganti format media tersebut, boleh diconvert atau diganti namanya menjadi bukan .mkv.
  3. Matikan smartphone, lalu buka bagian baterai. Copot baterai dan memori eksternal (jika memakai) Anda. Cara ini tentunya hanya diperuntukkan untuk Xiaomi ayng rata-rata memakai baterai bukan jenis tanam.
  4. Setelah lima menit atau lebih, pasang kembali, lalu nyalakan.
  5. Periksa kembali di menu Setting dan Battery, apakah media server masih 50 % lebih atau sudah menurun.
  6. Jika sudah menurun, paling tidak di bawah 50%, maka Anda dapat memindah file yang tadinya berformat .mkv tersebut ke smartphone.

Cara 2:

Cara ini diperuntukkan bagi yang tidak merasa atau tidak memiliki file .mkv namun media server tetap memiliki presentase di atas 50%.

  1. Cek penggunaan baterai media server.
  2. Hapus file yang tidak bisa dibuka. Biasanya sudah dihapus namun masih membandel dan menampakkan besar file hanya 0 bytes. File ini disebut file corrupt.
  3. Restart smartphone, atau matikan sekalian kemudian hidupkan kembali.
  4. Cek apakah media server sudah berada di bawah 50% atau belum.

Terdapat cara-cara lain yang cukup mudah jika Anda tidak mau repot-repot melakukan cara-cara dengan langkah panjang di atas. Caranya adalah dengan menginstall aplikasi yang dikhususkan untuk menurunkan bug media server. Jenisnya pun bermacam-macam, ada media player yang bisa otomatis mengubah file .mkv menjadi format lain. Atau aplikasi untuk menemukan file yang corrupt dan memindahkannya. Karena itu, sebelum terlambat, atasilah bug media server dengan beberapa cara mengatasi bug media server yang sudah dibahas di atas.