Cara Pasang dan Panduan Lengkap Facebook Ads

Panduan lengkap facebook ads lengkap pemula. Facebook ads populer akan kemampuannya dalam menarget setiap calon konsumen sampai begitu spesifik, dengan begitu sangat efektif menggunakan fitur yang satu ini untuk mengiklankan atau mempromosikan suatu produk lewat internet. Untuk lebih memahami bagaimana cara kerja dari facebook ads, berikut ini tutorial lengkap Facebook Ads!

Tutorial dan Panduan Lengkap Facebook Ads

Untuk mendaftarkan diri di akun facebook ads pertama kali, Anda masuk menuju akun facebook terlebih dulu, lalu klik bagian atas kanan pada layar browser yang Anda miliki. Kemudian Anda pun akan menemukan sebuah tombol yang berwarna hijau bertuliskan “create ads” lalu klik tombol tersebut. Jika Anda sudah membuat iklan, langkah berikutnya pilih apa yang akan dipromosikan. Ada banyak sekali pilihan, Anda pun dapat mempromosikan link URL manapun, seperti Facebook event, Facebook pages, URL eksternal, Facebook application.

Anda bisa mempromosikan link affiliasi atau pun link situs Anda sendiri. Dengan menggunakan Facebook Ads sendiri, Anda dapat menggiring para pengguna facebook menuju eksternal URL yang berisi opt in form atau sales letter, selain itu Anda pun dapat mempromosikan fanpage yang Anda miliki untuk memperoleh banyak “like” untuk memperoleh fans yang lebih banyak di fanpage dengan cepat. Panduan lengkap belajar facebook ads berikutnya adalah dengan melakukan set up iklan.

Agar bisa beriklan di akun facebook, maka Anda pun akan diminta menuliskan sales copy pendek serta melakukan konfirmasi link URL. Adapun preview iklan sendiri nantinya akan ditampilkan pada bagian sisi kanan. Sehingga Anda pun dapat melihat iklan yang ditampilkan secara langsung ketika mengeditnya. Pada iklan tertentu, seperti iklan untuk memperoleh like fanpage Anda, umumnya Anda pun tak perlu menuliskan tambahan sales copy. Sales copy ini maksudnya berupa teks yang dimasukkan dengan tujuan membuat calon konsumen mengklik iklan yang dipromosikan.

Panduan lengkap facebook ads berikutnya adalah memilih negara, kota atau wilayah tertentu yang mana ingin iklan yang Anda promosikan ditampilkan. Pada tahapan ini, Anda dapat membuat iklan yang dipromosikan tertarget lewat opsi tersebut sebab kemampuan dari iklan facebook memungkinkan untuk menarget tempat, misalnya provinsi, negara, kota hingga kode pos. Sebagai permulaan, Anda dapat mencoba mengetikkan kota yang ditargetkan.

Tahapan panduan lengkap facebook ads selanjutnya adalah target sesuai jenis kelamin dan umur. Dalam hal ini Anda harus memilih grup berdasarkan jenis kelamin dan juga umur untuk ditampilkan pada iklan. Maka Anda pun bisa mencentang kotak atau box pada bagian kanan, untuk memberi kebebasan dalam facebook untuk dapat menampilkan iklan kepada orang tertentu. Setelah memilih target-target iklan tertentu baik berdasarkan usia, koneksi dan lain sebagainya. Anda pun bisa menentukan harga iklan dan tujuannya.

Untuk menentukan tujuan berikut harga iklan memang sedikit rumit. Dalam hal ini terdapat 2 jenis iklan, diantaranya CPC dan CPM. CPC atau cost per click yang artinya Anda ditarik bayaran untuk tiap iklan yang diklik calon konsumen atau pelanggan Anda. Sementara CPM atau cost per miles maksudnya yaitu Anda ditarik bayaran untuk tiap iklan yang ditampilkan hingga 1000 kali. Dimana masing-masing iklan tersebut berguna.

Bila Anda merasa jika target promosi iklan yang ditentukan tersebut kurang spesifik, lebih baik bila memilih CPC. Hal tersebut untuk memastikan jika Anda hanya melakukan pembayaran kepada orang yang telah tertarik pada iklan yang dipromosikan lalu mengkliknya. Jika sudah menentukan harga dan tujuan iklan selanjutnya melakukan review iklan yang Anda promosikan. Anda harus memastikan untuk mereview iklan Anda ulang sebelum diiklankan. Dalam tahapan panduan lengkap facebook ads ini Anda bisa mengklik tombol bertuliskan Review Order di samping Place Order.