Intip Strategi Bisnis Amazon.com yang Terbukti Bertahan Selama Puluhan Tahun

strategi-bisnis-amazon-1

Strategi Bisnis Amazon yang mengagumkan – Siapa sih yang tidak kenal dengan perusahaan berkelas global satu ini? Amazon merupakan salah satu di antara beberapa perusahaan yang bergerak di bidang e-commerce online dan internet marketing. Di tempat ini anda bisa menemukan barang apa saja yang sangat menarik dan berguna, mulai dari buku, novel, alat kecantikan, sampai peralatan rumah tangga ada di sini. Mungkin jika anda bertanya pada orang secara acak (tapi jangan tanya suku pedalaman) tentang nama Amazon, pasti yang terbersit adalah perusahaan satu ini. Selama beberapa tahun Amazon tidak pernah menumpulkan taringnya, malahan pihaknya sendiri semakin membuatnya runcing untuk siap menggigit orang baru agar ketagihan berbelanja ke tempat ini. apa saja strategi bisnis dari Amazon ini? anda bisa melihatnya berikut ini.

Core Value yang Dipegang Amazon

Perkenalkan sistem pertama yang dipegang oleh Amazon selama bertahun-tahun yaitu Core Value yang merupakan filosofi khusus bagaimana sebuah Amazon memandang pelanggannya baik yang berpotensi maupun yang tidak. Pada strategi bisnis Amazon ini memang sudah dibahas di mana-mana karena sangat berpengaruh terhadap minat pelanggan untuk datang ke Amazon. Filosofi ini juga banyak diterapkan pada beberapa perusahaan retail terkait dan hasilnya sangat memuaskan. Beberapa hal yang termasuk Core Value yang dipegang oleh Amazon sebagai berikut:

Obsesi Pelangan

Seluruh proses dan pelayanan memang ditujukan untuk pelanggan, ada beberapa cara yang dilakukan Amazon seperti memetakan proses, solusi, dan after sales Service yang akan dilakukan jika pelanggan telah membeli barang. Pelayanan ini juga tidak berhenti untuk pelanggan yang membeli saja tetapi berlaku untuk semua orang yang tertarik dengan Amazon.

Inovasi

Beberapa inovasi akan dilakukan sebagai wujud pengembangan suatu usaha. Maka dari itu pada internal Amazon sendiri sering dibahas dan dibuat kompetisi dalam memberikan inovasi terbaik untuk perusahaannya. Inovasi untuk mendapatkan kepuasan pelanggan yang tinggi ditambah dengan pelayanan yang tepat membuatnya sukses bertahan selama bertahun-tahun.

Review Sebelum Bertindak

Wajib dilakukan oleh pekerja Amazon sendiri yang mengharuskan mengenali situasi dan keadaan dahulu sebelum bertindak. Hal ini akan meminimalisir dampak lanjutan pada suatu masalah tersebut. Kondisi awal perlu diketahui dahulu agar apa yang menjadi sumbernya akan terlihat dan mudah diatasi. Cara ini memang strategi bisnis Amazon yang ditiru banyak perusahaan lain juga.

High Hiring Bar

Tidak semua perusahaan yang menerapkan sistem ini karena pada saat mencari pelamar kerja pasti memilih mereka yang kompeten dan ahli di bidangnya. Berbeda dengan Amazon karena memiliki sistem di mana bagian personalianya akan bertanya kepada dirinya sendiri “ apakah saya mengagumi orang ini?akankah saya belajar dari diri sendiri atau orang ini memiliki segalanya untuk melakukan pekerjaannya?” dengan begitu akan menimbulkan niat pada diri personalia untuk lebih mengenali sosok pelamar kerja yang ingin bergabung di tempatnya tersebut.

Strategi Bisnis Amazon Tentang Penghematan

Biasanya ketika suatu perusahaan sudah berada di atas angin maka segala pengeluarannya akan ditolerir. Hal ini justru akan membuat celah suatu perusahaan tersebut akan turun dengan cepat maka dari itu sistem internal di Amazon sendiri mengharuskan karyawannya untuk membeli barang yang dibutuhkan saja sehingga tidak semua barang bisa dibeli. Dengan cara ini dipercaya dapat menekan hal buruk dan bisa bertahan lebih lama jika suatu kondisi memungkinkan untuk survive.

Demikian informasi dari strategi bisnis Amazon yang bisa diterapkan oleh perusahaan lain. Memang pada kenyataannya akan sulit dijalankan dan membutuhkan kepercayaan juga terhadap karyawan yang bersangkutan. Semoga bisa membantu anda dalam menghadapi tantangan persaingan dunia usaha yang baru.