Kisah Sukses Nan Inspiratif Dari Menteri Susi Pudjiastuti

Kita bisa meniru dari kisah inspiratif Susi Pudjiastuti yang begitu mengesankan. Susi Pudjiatusti sekarang ini sedang menjabat sebagai seorang menteri dan Sebagai Presiden Direktur PT ASI Pudjiastuti yang bergerak dalam bidang perikanan dan PT ASI Pudjiastuti Aviation yang merupakan operator penerbangan Susi Air yang memiliki 50 maskapai penerbangan.

Awal dari Kisah Susi Pudjiastuti yaitu Berbisnis Perikanan

 

Beliau lahir di Pangandaran tanggal 15 Januari 1965 di keluarga yang berkecukupan yaitu sebagai saudagar sapi dan kerbau yang diambil dari Jawa Tengah kemudian di bawa kembali ke Jawa Barat. Ia hanya sesosok perempuan biasa. Setelah menyelesaikal pendidikan SMP lalu melanjutkan sekolahnya di Jawa Tengah, namun saat berusia 17 tahun kelas 2 SMA, beliau memutuskan untuk berhenti sekolah.

Orangtuanya sangat meyesalkan keputusan ini. Namun ia yakin dengan keputusannya dan tidak menyesal sedikitpun. Kisah inspiratif Susi Pudjiastuti yaitu dengan keuletan dan kerja keras ia kembali ke Jawa Barat dan mencoba bisnis-bisnis mulai dari berjualan seprei dan bedcover. Tetapi mungkin Pantai Pangandaran lebih menjanjikan untuk berbisnis. Untuk memulai bisnisnya , ia menjual perhiasan yang dimiliki dan memperoleh uang Rp. 750.000,- sebagai modal awalnya untuk berjualan ikan. Susi mulai melebarkan sayapnya keluar dari Pangandaran ke kota-kota besar seperti Jakarta. Pertama hanya menyewa mobil untuk membawa ikannya tidak lama kemudian ia membeli truk dengan sistem pendingin di dalamnya untuk mengangkut ikan segar ke Jakarta.

Memulai Bisnis Penerbangan

Dalam kisah inspiratif Susi Pudjiastuti ini, Susi pernah 3 kali gagal dalam membina rumah tangganya. Dengan suami terakhirnya yang bernama Christian von Strombeck ini, dia yang menjadikan inspirasi memulai bisnis penerbangan. Christian merupakan seorang ekspatriat yang pernah bekerja di IPTN (Industri Pesawat Terbang Nusantara. Awal mula pertemuan dengan cristian saat di Restoran Hilmand milik susi yang berada di Pantai Pangandaran. Dengan perkenalan yang cukup singkat, cristian akhirnya melamar susi.

Kisah inspiratif Susi Pudjiastuti dimulai dari Susi dan Cristian mempunyai tujuan utama yaitu mempunyai pesawat untuk mengangkut hasil perikanannya ke Jakarta. Karena bisa menghemat waktu kalau menangkap ikan sore bisa langsung dibawa ke Jakarta hanya dengan waktu 1 jam. Karena apabila memakai jalur darat maka akan memakan waktu lebih dari 9 jam dan kemungkinan ikan mati akan cukup banyak. Jika ikannya mati maka harga pasarannya bisa menurun drastis.

Dan satu-satunya jalan ialah membangun landasan yang ada di desa-desa. Susi memang harus mengutamakan para pembeli ikan-ikannya karena mereka sangat sensitif dengan kesegaran ikan tersebut. Untuk satu kali angkut dengan pesawat bisa memasukkan 1,1 ton ikan ataupun lobster. Pembeli dari luar Negeri antara lain Hongkong dan Jepang menunggu di Jakarta.

Kisah inspiratif Susi Pudjiastuti ini dia pertamanya mau membeli pesawat yang seharga USD 2 juta tetapi bingung kalau membeli ikan dan udang bagaimana. Dan berniat mengajukan pinjaman di Bank, tetapi malah dianggap sebagai ide gila.

Kemudian ada salah satu Bank yang memberikan pinjaman senilai USD 4,7 juta kalau dalam rupiah sekitar 47 milyar dan digunakan untuk membangun landasan dan membeli 2 pesawat Cessna Grand Caravan. Setelah satu bulan dipakai terjadilah bencana tsunami di Aceh dan memberangkatkan 1 pesawat untuk bantuan dan membawa kebutuhan pokok yang diperlukan. Dalam cerita inspiratif ibu menteri , Karena pemerintah meminta susi untuk tetap untuk berpartisipasi dalam recovery aceh maka pemerintah mau menyewa pesawatnya, lalu satu setengah tahun ada di aceh dan bisa membeli satu pesawat lagi.

Kita bisa mencontoh perjuangan dan semangat yang ada di diri beliau. Kisah inspiratif Susi Pudjiastuti ini bisa memberikan motivasi terhadap kita tentang apa arti kerja keras, kuletan, kratifitas, dan semangat yang dimiliki beliau.

Deskripsi : Kisah inspirasi Susi Pudjiaatuti memang sangat mengispirasi kita dalam melakukan segala bisnis. Kisah tersebut mengajarkan kita untuk selalu bekerja keras dan tetap berusaha dalam melakukan berbagai hal.