Struktur Penulisan dan Cara Membuat Proposal Sponsorship yang Benar

Dalam menjalankan sebuah kegiatan atau acara pastinya membutuhkan dana yang cukup agar bisa berlangsung sesuai dengan rencana. Dana tersebut bisa diperoleh dari donatur yang menyumbangkan uangnya untuk mendukung kegiatan. Untuk mendapatkan donatur maka Anda perlu membuat proposal sponsorship. Sehingga tak mengherankan jika banyak orang yang ingin mengetahui cara membuat proposal sponsorship dan bagaimana struktur penulisannya.

Proposal digunakan untuk mengajukan permohonan berupa dukungan (sponsor) atau dana. Di dalam proposal, tercantum rencana kegiatan yang dijelaskan dalam rancangan kerja yang akan diadakan. Rancangan kegiatan harus dibuat secara detail dan jelas agar donatur memahami tujuan dibuatnya proposal. Proposal sponsorship seringkali dibuat oleh organisasi atau sekolah yang akan mengadakan acara atau kegiatan seperti Pentas Seni, Penghijauan, dan lain sebagainya. Tujuan dibuat proposal pada dasarnya adalah meminta dukungan kepada donator untuk turut mensukseskan kegiatan yang diadakan terutama masalah dana. Oleh karena itu, membuat sponsorship harus benar-benar hati-hati dan menarik.

Struktur Penulisan serta Cara Membuat Proposal Sponsorship

Proposal harus bisa menguraikan dan menjelaskan maksud dari kegiatan yang diadakan. Harapannya adalah orang yang membaca proposal tersebut akan memperoleh persamaan maksud, cissi dan misi sehingga menyutujui bahkan memberikan dukungannya untuk pelaksanaan kagiatan tersebut. Oleh karenanya, sangat penting untuk Anda yang ingin melaksanakan kegiatan besar mengetahui cara membuat proposal sponsorship. Untuk mempermudah, berikut ini adalah persyaratan, struktur penulisan dan hal-hal yang perlu Anda perhatikan dalam membuat proposal sponsorship.

1 ) Persyaratan

Dalam membuat proposal sponsorship, ada beberapa persyaratan yang harus dipersiapkan. Pertama, jenis kegiatan harus inovatif, jelas, terperinci dan bisa ditanggung jawabkan. Kedua, proposal harus disusun berdasarkan struktur dan juga logika yang jelas. Selain itu, hasil kegiatan juga harus terstruktur dan hubungan antara dana yang dibutuhkan dengan kegiatan harus rasional alias tidak mengada-ada.

2 ) Struktur penulisan

Cara membuat proposal sponsorship selanjutnya adalah mengetahui dan memahami struktur penulisan. Dalam struktur penulisan, terdapat halaman judul yang berisi nama kegiatan, penyelenggara dan tempat dilaksanakannya kegiatan. Halaman judul sebisa mungkin dibuat menarik agar calon donatur tertarik untuk memberikan dananya untuk mendukung kegiatan yang direncanakan. Setelah halaman judul, Anda juga harus membuat latar belakang yang di dalamnya terdiri dari argumen atau alasan kenapa kegiatan tersebut direncanakan. Dalam halaman latar belakang, ada tiga segmen yakni pendahuluan, isi lalu penutup.

Selanjutnya adalah tujuan kegiatan yang di dalamnya dijelaskan untuk apa kegiatan tersebut diadakan. Tujuan kegiatan ini bisa satu atau lebih sesuai dengan konsep yang Anda buat. Kemudian tema dan juga nama tema kegiatan yang berisi judul kegiatan dan juga tema yang digunakan dalam kegiatan. Halaman selanjutnya diisi dengan bentuk kegiatan seperti jadwal kegiatan, peserta, penyelenggara, tempat kegiatan, susunan acara, susunan panitia, rancangan anggaran. Terakhir di tutup dengan tulisan atau ucapan penutup.

3 ) Penawaran Kerjasama (sponsorship)

Dalam cara membuat proposal sponsorship, halaman khusus untuk penawaran kerjasama tidak boleh dilupakan. Karena tujuan awal membuat proposal sponsorship adalah untuk mendapatkan dukungan dari pihak lain agar mau menyumbangkan dananya untuk mendukung kegiatan yang direncanakan. Penawaran kerjasama biasanya dilengkapi dengan surat perjanjian.

Sementara jenis sponsornya bisa dibedakan menjadi beberapa bagian. Misalnya sponsor tunggal yang akan membiayai kegiatan 100% yang artinya menjadi sponsor satu-satunya. Kemudian ada sponsor non tunggal yang di dalamnya terdiri dari sponsor utama (kontribusi 80%), sponsor Madya (konstribusi 50%), dan Sponsor Partisipan (<50%). Kompensasi bisa disesuaikan dengan rapat kepanitiaan kegiatan yang direncanakan. Demikian ulasan terkait cara membuat proposal sponsorship. Semoga bisa dijadikan sebagai referensi untuk Anda.